Sabtu, 03 November 2007

Numbers

Untuk tulisan kontek kali ini saya akan menulis mengenai numbers, seperti kita ketahui dunia engineering itu penuh dengan yang namanya perhitungan, maka dari itu konsep mengenai bilangan menjadi sangat penting.
Semua tahu ga, kalo penulisan angka di Europe sama di amrik tu beda, di amrik orang nulis 1,234,234.234 sedangkan di eropa bilangan yang sama ditulis 1.234.234,234 krassa ga bedanya? Okelah kita ga usah ngebahas itu, kita bahas konsep bilangan itu sendiri. Bilangan dibagi 2, yaitu integer (dalam perhitungan) dan real (dari pengukuran) , bilangan real mempunyai kesalahan lebih besar karena untuk menjabarkan secara eksak dibutuhkan angka yang detail, dan kita tidak mungkin mengukur bilangan dengan tepat.
Dalam pengukuran terdapat definisi:
• Accuracy: kedekatan bilangan yang didapat dengan nilai yang benar, missal percepatan gravitasi adalah 9,8 tapi kita dapatnya 9,0 jadi data kitra akurasinya kurang
• Precision: Bilangan yang didapat saat pengukuran, bila dilakukan pengukuran ulang akan didapat bilangan yang sama
• Random errors: Kesalahan yang didapat dari banyak sebab
• Systematic errors: Kesalahan dalam metode pengukuran, missal karena kurang pas lihatnya, dll
• Uncertainty: angka ketidakpastian, didapat dari hasil pengukuran, gunanya untuk mengetahui ketidakpastian dalam suatu pengukuran
• Error: Perbandingan antara hasil yang didapat dengan hasil sebenarnya
Yang penting lagi untuk diketahui oleh engineer adalah sistem angka signifikan, yaitu angka penting yang harus kita gunakan saat perhitungan, rata2 angka yang dibutuhkan adalah 3, untuk estimasi 1 atau 2 angka penting diperbolehkan,tapi untuk hasil yang akurat disarankan menggunakan 4 angka penting.
Gimana sih ngukur angka penting itu? Ga susah kog contohnya 345 terdiri dari 3 angka penting yaitu 3,4, dan5 mudah kan, untuk 0,000000345 itu ya cuma 3 angka penting, biar kita ga bingung, tips bagi anda, buat biangan itu jadi bentuk 3,45x10^-7 dari situ baru hitung berapa angka pentingnya.
Kalo angka penting dijumlahkan ditambah, dikali, atau dibagi aka jumlah angka penting hasil operasi kita tentukan dari angka penting yang paling sedikit, co: 1,11(3 angka penting)x 12(2 angka penting), hasilnya kita buat sebagai 2 angka penting.
Nah karena sipenulis udah capek kita tutup tulisan ini dulu, selamat menikmati angka penting!

Tidak ada komentar: